Mencari Adik yang Hilang

Judul: The Magician’s Elephant (Gajah Sang Penyihir). Pengarang: Kate DiCamillo. Alih bahasa: Dini Pandia. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2009. Tebal: 148 halaman. Harga: Rp 25.000,00

12991418091715376051

Peter Augustus Duchene tinggal di kota Baltese. Ayah dan ibunya telah tiada. Ia hidup dengan Vilna Lutz, seorang mantan tentara tua. Menurut Vilna, Peter sebatang kara. Adiknya, Adele, juga sudah meninggal. Entah kenapa Peter tidak memercayainya. Ia ingin memastikan kebenaran itu.

Suatu hari di alun-alun kota, ia bertemu dengan peramal yang memberitahukan bahwa adiknya masih hidup. Peter menanyakan, bagaimana ia bisa bertemu dengan adiknya. Apa jawab peramal itu? ”Gajah! Gajah itu akan membawamu ke sana!”

Jawaban yang aneh! Karena tidak melihat ada gajah di situ, Peter jadi kian ragu-ragu. Siapa yang berbohong kepadanya? Peramal itu atau Vilna?

Kate DiCamillo mendongengkan kisah Peter dalam novel terbarunya, The Magician’s Elephant (Gajah Sang Penyihir). Sebelumnya ia memenangkan Newberry Medal, penghargaan untuk buku anak-anak terbaik di Amerika Serikat, melalui novel Because of Winn-Dixie dan The Tale of Despereaux. Novelnya yang lain The Rising Tiger dan The Miraculous Journey of Edward Tulane. Semuanya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Because of Winn-Dixie dan The Tale of Despereaux juga telah difilmkan.

Penerbitan The Magician’s Elephant termasuk unik. Edisi asli dan berbagai terjemahannya terbit serempak di seluruh dunia pada 8 September 2009.

Oya, siapa sih penyihir yang dimaksudkan dalam judul buku? Akankah Peter berjumpa dengan seekor gajah? Dan, dapatkah ia bertemu dengan Adele? Bacalah dongeng yang mengasyikan tentang keberanian untuk berharap, tentang keberanian untuk memercayai keajaiban, ini! ***