Kapankah Yesus Lahir?

Adoration of the Shepherds, James Tissot

Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.
Lukas 2:6-8

Sejarah tidak mencatat tanggal persis kelahiran Yesus. Tanggal 25 Desember dipilih sebagai hari lahir “resmi” Yesus karena berbarengan dengan perayaan Hanukah (tanggal 25 Kislew), yang merupakan perayaan terang, dan juga bersamaan dengan berbagai perayaan terang yang diadakan untuk menangkis kegelapan musim dingin di belahan bumi bagian utara.

Fakta akan adanya kawanan domba di perbukitan Betlehem (ay. 8) menandakan bahwa Yesus sebenarnya lahir kira-kira pada hari Paskah. Domba-domba itu biasanya disediakan sebagai domba kurban untuk perayaan Paskah di Yerusalem. Juga dikatakan, tidak ada tempat bagi keluarga kudus di “penginapan” (ay. 7).

(Catatan: “Penginapan” yang penuh sehingga tidak ada lagi tempat untuk Maria dan Yusuf bukanlah sebuah khan. Kata bahasa Yunaninya adalah kataluma, yang berarti “tempat bernaung sementara”. Orang Roma biasa mendirikan tenda besar untuk tempat bernaung bila akomodasi tidak memadai untuk menampung orang. Tenda itu didirikan di sekitar Yerusalem antara lain pada masa Paskah. Kataluma adalah tempat yang gaduh, hewan dan manusia bercampur baur, dan kadang-kadang disediakan perapian untuk memasak. Tidak ada penjaga penginapan di sana. Karena tidak ada tempat bagi mereka, kemungkinan Yesus lahir di tempat terbuka atau di dalam gua gembala. Ada sebuah gua yang dianggap sebagai tempat kelahiran Yesus dan gua itu sekarang berada di bawah Gereja Nativity di Betlehem.)

Karena Allah mengutus Anak-Nya "setelah genap waktunya" (Gal. 4:4), dan seluruh kehidupan-Nya sangat dekat dengan gambaran seekor domba, sebagian orang percaya, hari Paskah adalah waktu kelahiran Yesus yang paling tepat. ***