Tiga Jalan Hidup: Tanggapan Kita (Bagian 6—Selesai)

Apakah Anda sungguh-sungguh ingin diselamatkan dan diperdamaikan dengan Allah? Jika Anda belum yakin, ada baiknya Anda membaca ulang tulisan berseri ini dari awal dengan sungguh-sungguh, dan meminta Allah menunjukkan kebenaran kepada Anda. Jika Allah sudah memperlihatkan kebutuhan Anda akan keselamatan, yang perlu Anda lakukan ialah bertobat kepada Allah dan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus (Kisah Para Rasul 20:21).
Bertobat mencakup perubahan pikiran dan perubahan arah hidup. Anda mengakui bahwa Anda berdosa, memberontak terhadap Allah yang mahakudus dan penuh kasih. Anda menyadari kebusukan dosa, dan memutuskan untuk meninggalkannya. Sekarang Anda mengarahkan hidup kepada Allah, dan hidup untuk menyenangkan hati Allah (Kisah Para Rasul 26:20).
Apakah artinya beriman kepada Tuhan Yesus Kristus? Pertama, menerima bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah yang hidup (Matius 16:16) dan bahwa Kristus sudah mati bagi orang durhaka (Roma 5:6). Kedua, percaya bahwa kuasa dan kasih Kristus sanggup menyelamatkan Anda. Ketiga, memercayakan diri kepada Kristus, yakin bahwa oleh Dia sajalah Anda dibenarkan dan didamaikan dengan Allah. Anda tidak lagi mengandalkan kekuatan dan perbuatan baik Anda sendiri. Anda tidak mengandalkan siapa pun atau apa pun yang lain untuk menyelamatkan Anda. Anda hanya percaya pada Kristus, yang sanggup “menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah” (Ibrani 7:25).
Jika Roh Kudus menyadarkan Anda akan kebutuhan untuk diselamatkan, datanglah kepada Kristus. Anda dapat melakukannya sekarang dengan berdoa—sebaiknya secara nyaring. Anda perlu mengakui dosa dan ketidakmampuan untuk menyelamatkan diri sendiri. Selanjutnya, Anda meminta Kristus untuk menyelamatkan Anda, menjadikan Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat, yang memampukan Anda berpaling dari dosa dan hidup bagi Dia. Firman Tuhan berjanji, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan” (Roma 9:10).
Pada saat Anda beriman kepada Kristus, Anda mengalami perubahan menakjubkan yang mendatangkan sukacita. Pertama, Anda mengalami pembenaran. Allah memperhitungkan dan memperlakukan Anda seolah-olah Anda sepenuhnya benar, berdasarkan kebenaran yang telah dikaruniakan Kristus kepada Anda (Roma 3:24). Kedua, Anda mengalami kelahiran kembali. Anda diciptakan kembali menjadi anak Allah (Yohanes 1:12). Hubungan Anda dengan Allah dipulihkan untuk selama-lamanya.
Apakah yang perlu Anda lakukan selanjutnya? Pertama, mulailah membaca Alkitab untuk menemukan janji-janji-Nya yang sangat berharga dan sangat besar, yang sanggup memerdekakan Anda (1 Petrus 1:3-4). Kedua, bergabunglah dengan gereja yang memercayai Alkitab dan mulailah beribadah dan bertumbuh bersama saudara seiman yang menghargai Kristus lebih dari apa pun (Filipi 3:7). Sebagai anak Allah, tujuan hidup Anda ialah menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya (Roma 8:9). ***