Bukit Itu Bernama Doa

Bacaan Alkitab: Mazmur 65
Engkau yang mendengarkan doa. (Mazmur 65:3a)


Mungkin Anda cukup akrab dengan lagu ini: I go to the hill/ When my heart is lonely/ I know I will hear/ What I’ve heard before/ My heart will be blessed/ With the sound of music/ And I’ll sing once more (Aku pergi ke bukit/ Ketika hatiku kesepian/ Kutahu akan kudengar/ Suara yang telah akrab di telingaku/ Hatiku akan diberkati oleh suara musik/ Dan aku pun akan bernyanyi sekali lagi).

Lagu itu didendangkan oleh Julie Andrews dalam film The Sound of Music. Ia berlari riang melintasi padang rumput hijau di sebuah perbukitan. Udara segar pegunungan, gemericik air sungai dan kicau burung benar-benar paduan tepat untuk mengusir kepenatan dan kegundahan. Di bukit itu, hatinya bernyanyi kembali.

Sebenarnya kita semua juga memiliki bukit semacam itu. Bukit itu bernama doa. Pada saat Anda letih oleh beban kehidupan, naiklah ke bukit doa.

Curahkanlah isi hati Anda di hadapan Tuhan, dan nantikanlah Dia berbicara kepada Anda. Mungkin Anda dapat membaca ayat atau perikop tertentu dari Alkitab, dan mempersilakan Roh Kudus berbicara melaluinya. Anda akan mendengar suara-Nya yang akrab menyambut Anda, menghangatkan hati Anda. Hati Anda akan diberkati oleh suara Tuhan, suara yang menguatkan dan menghiburkan, serta memberikan bimbingan. Dengan demikian, Anda akan disegarkan dan dipulihkan.


Relung Renung: 
Kita dirancang untuk bersekutu dengan Allah dan, tanpa persekutuan itu, kita menanggung kehampaan yang menyakitkan.—John White